Keuntungan Dividen Bagi Investor

Keuntungan Dividen Bagi Investor

Dividen penting bagi investor karena lima alasan utama: dividen meningkatkan keuntungan investasi saham secara signifikan, memberikan metrik tambahan untuk analisis fundamental, memberikan manfaat pajak, meminimalkan risiko portofolio secara keseluruhan, dan membantu melestarikan daya beli modal. Dalam bacaan ini, kita akan mempelajari lebih dalam manfaat ini, memungkinkan Anda untuk melihat dengan tepat mengapa mereka penting bagi Anda sebagai investor.

Pertumbuhan dan Ekspansi Laba

Salah satu hal terbaik tentang berinvestasi di perusahaan yang membayar dividen adalah bahwa dividen cenderung tumbuh dari waktu ke waktu. Perusahaan yang mapan dan membayar dividen cenderung meningkatkan pembayarannya dari tahun ke tahun. Bahkan, ada perusahaan yang telah meningkatkan pembayaran dividen mereka selama lebih dari dua dekade berturut-turut, juga disebut sebagai ‘bangsawan dividen’. Selama dekade terakhir (per Januari 2022), tingkat pertumbuhan tahunan gabungan dari total pengembalian untuk perusahaan-perusahaan ini adalah 2,72%.

Risiko pasar atau risiko bawaan yang terkait dengan investasi ekuitas adalah salah satu aspek fundamental dalam berinvestasi di pasar saham. Saham pasti akan naik atau turun dan tidak ada jaminan nilainya akan meningkat. Ya, berinvestasi di perusahaan yang membayar dividen tidak menjamin profitabilitas, tapi setidaknya saham dividen memberikan pengembalian sebagian atas investasi (ROI), itu hampir dijamin. Sangat jarang bagi perusahaan yang membayar dividen untuk berhenti melakukannya, dan pada kenyataannya, kebanyakan dari mereka meningkatkan jumlah yang mereka bayarkan dari waktu ke waktu.

Sayangnya, banyak investor tidak menghargai tingkat dampak dividen terhadap keuntungan di pasar saham. Antara 1980 dan 2019, sekitar 75% dari pengembalian S&P 500 berasal dari dividen. Ini berarti bahwa melakukan pembayaran dividen membuat sebagian besar dari apa yang telah diterima investor dalam ROI dibandingkan dengan apa yang akan mereka terima tanpa pembayaran dividen.

Meminimalkan Risiko & Volatilitas

Dividen adalah faktor penting dalam meminimalkan risiko dan volatilitas portofolio secara keseluruhan. Dalam rangka meminimalkan risiko, mereka juga memitigasi kerugian akibat penurunan harga saham. Namun, pengurangan risiko-manfaat melampaui fakta dasar ini. Secara historis, penelitian telah mengungkapkan bahwa saham yang membayar dividen cenderung mengungguli saham yang tidak membayar dividen selama pasar beruang. Ya, pasar beruang secara keseluruhan menyeret turun saham di seluruh papan, mereka yang menawarkan dividen cenderung mengalami pengurangan nilai yang jauh lebih sedikit dibandingkan dengan yang tidak membayar dividen.

Namun, tren ini telah berubah di masa lalu. Dalam dua dekade terakhir, kami telah mengalami tiga penurunan pasar, dengan saham dividen mengungguli selama dua tahun pertama. Namun, dalam krisis ekonomi terkait Covid-19, saham yang membayar dividen berkinerja buruk.

Selama ledakan gelembung teknologi awal 2000-an dan krisis keuangan 2008, saham-saham yang membayar dividen mengungguli kinerjanya. Pada saat yang sama, saham-saham ini telah terbukti kurang stabil dibandingkan dengan yang lain. Menurut sebuah studi Merrill Lynch, saham yang membayar dividen memiliki sejarah yang terus meningkat dibandingkan dengan yang tidak membayar dengan volatilitas yang lebih rendah. Penelitian ini dilakukan antara tahun 1990 hingga 2018.

Bantuan dalam Evaluasi Ekuitas

Serupa dengan bagaimana dampak dividen terhadap ROI cenderung diabaikan, hal yang sama dapat dikatakan tentang dividen yang memberikan poin analisis yang berguna dalam pemilihan saham dan evaluasi ekuitas. Evaluasi saham dengan bantuan dividen biasanya merupakan ukuran evaluasi ekuitas yang lebih andal dibandingkan dengan metrik lain yang umum digunakan seperti rasio harga terhadap pendapatan.

Sebagian besar metrik yang digunakan oleh investor dan analis dalam penilaian saham cenderung mengandalkan angka yang diperoleh dari laporan keuangan perusahaan. Masalah potensial dengan penilaian saham semata-mata berdasarkan laporan keuangan perusahaan adalah perusahaan dapat, dan terkadang cenderung memanipulasi dokumen-dokumen ini dengan praktik akuntansi yang menyesatkan untuk meningkatkan penampilan mereka kepada investor. Namun, dividen memberikan indikasi yang kuat tentang bagaimana kinerja perusahaan. Itu karena perusahaan perlu memiliki arus kas nyata untuk melakukan pembayaran dividen.

Mengevaluasi pembayaran dividen historis dan saat ini perusahaan memberikan titik referensi dalam analisis fundamental dasar kekuatan perusahaan. Dividen menunjukkan indikasi tahunan yang berkelanjutan dari profitabilitas dan pertumbuhan organisasi, terlepas dari apa yang dikatakan pergerakan naik dan turun harga saham selama setahun. Sebuah perusahaan dengan pembayaran dividen yang meningkat dari waktu ke waktu adalah tanda yang jelas bahwa ia terus menghasilkan keuntungan dan kecil kemungkinannya kesehatan keuangannya hancur oleh kemerosotan ekonomi atau pasar yang sesekali terjadi.

Keuntungan lain menggunakan dividen sebagai metrik bola88 untuk menilai perusahaan adalah karena pembayaran ini hanya berubah sekali per tahun, mereka menawarkan titik analisis yang lebih stabil dan solid dibandingkan dengan metrik lain yang tunduk pada fluktuasi harga saham harian.

Mempertahankan Daya Beli Modal

Area lain yang membantu dividen tetapi diabaikan investor adalah efek inflasi pada pengembalian investasi. Agar investor mendapatkan keuntungan bersih yang nyata dari suatu investasi, investasi tersebut perlu memberikan pengembalian yang memadai untuk mengatasi hilangnya daya beli yang berasal dari inflasi.

Misalnya, jika Anda memiliki saham yang harganya naik 3% dalam setahun, tetapi tingkat inflasi di 4%, maka Anda sebenarnya menderita 1% dalam hal daya beli modal. Sementara itu, jika saham yang sama telah naik sebesar 3%, dan juga memberikan hasil dividen 3%, maka Anda telah membuat pengembalian yang melampaui inflasi dan menunjukkan keuntungan aktual dalam daya beli. Salah satu hal terbaik tentang perusahaan yang melakukan pembayaran dividen adalah bahwa sebagian besar hasil dividen melebihi inflasi.

Dividen Memiliki Manfaat Pajak

Bagaimana dividen diperlakukan ketika mereka berasal dari agen pembayaran yang aman dalam hal pajak menjadikannya cara yang ramah pajak untuk mendapatkan penghasilan. Dividen cenderung dikenakan pajak dengan tarif yang jauh lebih rendah dibandingkan dengan pendapatan konvensional. Menurut IRS, untuk orang-orang yang tarif pajak pendapatan konvensionalnya antara (35 hingga 37 persen), dividen hanya dikenakan pajak 20%. Bagi mereka yang tarif pajak penghasilannya di bawah 35%, dividen dikenakan pajak sebesar 15%.