6 Komponen Konsultasi Waralaba untuk Sukses

6 Komponen Konsultasi Waralaba untuk Sukses

Ada beberapa komponen konsultasi yang harus dikenali dan ditangani dengan baik agar berhasil dalam bisnis.

1. Mendengarkan

Dengan klien baru dan berkelanjutan, Anda harus mendengarkan apa yang mereka inginkan. Sering kali, klien pada awalnya mungkin tidak sepenuhnya jelas tentang tujuan mereka karena mereka ingin mempelajari lebih lanjut tentang waralaba secara umum. Apa aspirasi yang mereka miliki dan apa yang mereka sukai? Ketika memikirkan masa depan mereka, apa yang mereka lihat dan rasakan? Dibutuhkan keterampilan mendengarkan yang hebat untuk memahami apa yang mereka proses dan kemudian mengartikulasikannya kepada Anda. Industri waralaba dapat menjadi luar biasa pada awalnya dengan istilah dan akronim baru. Pastikan untuk benar-benar mendengarkan apa yang mereka katakan saat mereka menavigasi wilayah baru ini. Ketika tujuan jangka pendek dan jangka panjang mereka menjadi jelas, Anda harus jujur ​​dengan mereka jika Anda tidak melihat waralaba di masa depan mereka. Membuang-buang waktu milik Anda atau mereka bukanlah praktik yang baik.

2. Dapatkan Pendapat Dari Pasangan atau Pasangan Klien Anda

Di awal karir konsultasi waralaba saya, saya menempuh jalan ini beberapa kali. Jika pasangan atau mitra menimbang negatif tentang waralaba, poof! Kesepakatan itu tiba-tiba terhenti dan biasanya mati. Saya menyebutnya “spousicide.” Sangat penting bagi mitra klien untuk memahami perjalanan dari awal dengan seperti apa kehidupan waralaba dari semua aspek, termasuk hari penemuan, sistem waralaba, komitmen waktu, keuangan, anggota tim, keterlibatan mereka, dan sebagainya. Sejak panggilan pertama, pastikan Anda menanyakan apakah pasangan/pasangan mereka tahu tentang minat mereka dalam waralaba dan pemikiran mereka tentang hal itu. Ini akan menghemat banyak stres untuk Anda dalam jangka panjang!

3. Model Bisnis Ideal Mereka

Ada banyak jenis bisnis dalam waralaba. Apakah klien Anda tertarik untuk menjadi operator penuh waktu atau CEO semi-absen yang bekerja 15 hingga 20 jam dengan manajer umum yang menjalankan bisnis sehari-hari? Apakah bekerja dari rumah menjalankan bisnis jasa adalah impian mereka atau apakah mereka menginginkan lokasi fisik? Penting bagi klien Anda untuk benar-benar mengetahui apa yang mereka inginkan dan bagi Anda untuk menunjukkan kepada mereka opsi yang memenuhi kebutuhan ini. Menyajikan waralaba yang hampir sesuai dengan yang mereka inginkan tidak berhasil.

4. Jelas Tentang Komitmen Keuangan

Keuangan bisa menjadi topik yang sensitif. Banyak klien tidak ingin mengungkapkan apa yang mereka miliki dan tidak miliki, tetapi itu perlu ketika menentukan apakah mereka dapat membeli bisnis. Sebagai konsultan waralaba, Anda harus sangat terbuka dan jujur ​​tentang persyaratan keuangan setiap merek. Apakah klien memiliki modal likuid dan kekayaan bersih untuk membeli merek yang menarik minat mereka? Bisakah mereka bertahan dengan tabungan untuk sementara waktu selama fase start-up? Apakah mereka bisa tidur di malam hari jika uangnya butuh sedikit waktu untuk mulai mengalir? Jika demikian, waralaba bisa sangat cocok untuk mereka. Jika tidak, saatnya untuk melihat opsi lain atau memutuskan untuk menyambung kembali dalam waktu dekat untuk menilai kembali.

5. Pahami dan Atasi Ketakutan Mereka

Masalah yang paling penting untuk ditangani dengan semua klien adalah rasa takut. Kita semua pernah mengalami ketakutan saat mengambil keputusan besar. Sebagai konsultan, Anda harus mengetahui apa yang ditakuti klien Anda saat mempertimbangkan peluang waralaba. Apakah mereka pernah memiliki bisnis? Apakah mereka mengerti apa artinya itu bagi hidup mereka? Apakah pasangan atau pasangannya ragu-ragu dan takut menimbulkan ketegangan dalam hubungan? Begitu mereka mengungkapkan ketakutannya, seringkali Anda dapat membantu mereka mengatasinya dan memajukan segalanya. Berikan contoh orang lain yang telah mengatasi ketakutan mereka dan menjadi pewaralaba yang sukses. Mendengar bagaimana orang lain mengalami pikiran dan perasaan yang sama dapat membantu. Jika Anda mengambil pendekatan “ini semua akan berhasil pada waktunya”, klien Anda bisa menghilang tanpa peringatan.

6. Membangun Kepercayaan

Anda juga harus memastikan bahwa klien Anda percaya bahwa Anda memiliki kepentingan terbaik mereka; jangan pernah mencoba menjual apa pun kepada mereka. Tugas Anda sebagai konsultan waralaba adalah memberi saran dan menjadi dewan suara yang ahli. Menurut pengalaman saya, ada baiknya menjadwalkan panggilan/Zoom mingguan untuk memastikan bahwa Anda membantu klien di setiap langkah. Tetap berhubungan sering kali perlahan, tapi pasti, mengubah ketakutan awal mereka menjadi kegembiraan nyata dalam mengejar bisnis baru mereka. Pastikan juga bahwa mereka memahami bahwa kantor Anda dapat menawarkan layanan lain kepada mereka, sebagai rasa hormat profesional, seperti perkenalan dengan pakar hukum di industri waralaba. Anda telah melakukan pekerjaan Anda dengan baik ketika klien Anda mempercayai Anda dan Anda berdua transparan satu sama lain.

Menjaga enam komponen ini selalu diingat saat bekerja dengan setiap klien akan membantu memastikan hasil terbaik bagi mereka dan Anda. Jika Anda merasa ada sesuatu yang “tidak sesuai” saat bekerja dengan klien, pikirkan setiap komponen dan lihat apakah ada komponen yang dapat membuat Anda lebih jelas atau di mana Anda perlu meluangkan lebih banyak waktu untuk mengajukan pertanyaan.