Menetapkan Tujuan Investasi Tertentu untuk Masa Depan

Menetapkan Tujuan Investasi Tertentu untuk Masa Depan

Investasi yang sukses tidak dapat dicapai tanpa menetapkan tujuan tertentu. Ini adalah aspek utama dari investasi. Mengapa Anda ingin berinvestasi? Ini adalah pertanyaan yang harus ditanyakan oleh setiap investor pada dirinya sendiri. Apakah itu memiliki kekayaan finansial, untuk mendidik anak-anak Anda, untuk pensiun dengan stabilitas keuangan, untuk menikah, untuk mengambil liburan impian, untuk memulai bisnis baru, atau berinvestasi di pasar saham adalah gairah! Tentukan tujuan Anda dengan baik dan jelas. Lihat hasil akhirnya sebagai kenyataan. Menetapkan tujuan Anda akan mengatur hidup Anda dalam gaya hidup yang positif dan berlimpah.

Kemudian, tanyakan pada diri sendiri berapa banyak uang yang bisa Anda ambil risiko kehilangan! Pertanyaan ini dan jawabannya lebih bersifat emosional daripada fisik. Berinvestasi di pasar saham memiliki risiko yang luar biasa. Dengan besarnya risiko, muncul pasokan uang yang melimpah! Keuntungannya bisa sangat besar, dan begitu juga kerugiannya. Bahkan dengan perencanaan yang matang dan pengetahuan teknis yang menyeluruh dan implementasinya, pasar saham dapat menghasilkan kejatuhan yang menakutkan dan tiba-tiba karena banyak dampak dan aspek yang tidak terduga.

Pelajari dan ketahui tingkat toleransi Anda terhadap pengambilan risiko. Perubahan mendadak dalam tingkat suku bunga, bencana alam atau buatan manusia, dan hilangnya nilai dolar secara global dapat mempengaruhi pasar saham AS secara negatif. Sebuah perusahaan dapat menjadi bangkrut dan dapat mempengaruhi perusahaan terkait lainnya dalam industri yang sama atau berbeda. Situasi seperti perang, pemerintahan yang lemah, sentimen publik, bahkan pemanasan global dapat mempengaruhi pasar saham dan menurunkannya. Resesi atau perlambatan juga akan mempengaruhi kinerja pasar saham. Ada banyak alasan yang dapat mempengaruhi pasar saham dan dapat menyebabkan kesulitan emosional dan keuangan.

Risiko sistemik dan tidak sistemik dapat mempengaruhi seluruh pasar atau sebagian dari pasar saham. Jadi, risiko terutama risiko sistemik tidak dapat dihilangkan seluruhnya, sedangkan risiko tidak sistemik dapat dihindari sebagian atau seluruhnya.

Untuk menghilangkan sebagian atau seluruh risiko, tindakan terbaik di pasar saham adalah mendiversifikasi investasi Anda. Ini masih dapat menjaga peluang Anda untuk berhasil tinggi bahkan jika salah satu atau beberapa investasi Anda berubah menjadi buruk. Akan ada sekuritas lain yang dapat menunjukkan hasil positif meskipun beberapa sekuritas Anda yang lain gagal. Oleh karena itu, penting untuk berinvestasi di berbagai sektor dan kelas.

Rencanakan strategi Anda dengan baik. Kembangkan rencana Anda secara menyeluruh dan periksa kembali semua faktor. Anda harus menyesuaikan kembali rencana dan strategi Anda sesuai dengan situasi.

Ingat, pasar saham tidak memiliki tempat untuk investasi emosional! Jangan terlalu serakah atau terlalu takut dan selalu periksa setiap aspek sebelum membeli, menahan, atau menjual saham Anda. Anda perlu mengambil lebih banyak risiko tergantung pada bagaimana pasar berperilaku. Terus pelajari tekniknya dan sempurnakan setiap strategi Anda. Waktu yang tepat adalah aset. Kembangkan keterampilan Anda secara terus menerus. Pantau portofolio Anda terus-menerus. Portofolio Anda adalah kekayaan Anda di atas kertas, jadi jangan takut untuk mengubahnya menjadi uang nyata sesuai situasi.