Pentingnya Membangun Sistem Bisnis Bagi Pengusaha

Pentingnya Membangun Sistem Bisnis Bagi Pengusaha

Sebagian besar pemilik bisnis mungkin pernah mendengar argumen tentang pemikiran sistem. Namun, sebagian besar pemilik usaha kecil berjuang dengan konsep ini. Mereka masih ingin menangani setiap masalah sebagai masalah satu kali.

Mereka melihat gejala akar penyebab dan segera mencari cara untuk meredakan ketidaknyamanan. Mereka tidak pernah menyadari bahwa akar penyebab tersebut seringkali berulang. Masalah bergeser tetapi alasan untuk masalah tetap ada. Memperbaiki gejala membuat masalah muncul lagi di masa depan.

Dengan Mengambil Kendali Atas Sistem, Kita Mendapatkan Kendali Atas Bisnis

Sangat mudah untuk menjelaskan manfaat dari pendekatan ini. Tetapi hanya memahami manfaatnya tidak berarti bahwa seseorang akan dapat mengambil langkah-langkah yang diperlukan untuk membangun sistem bisnis mereka. Berikut adalah beberapa alasan mengapa motivasi untuk menggunakan sistem untuk membangun bisnis tidak selalu berhubungan dengan pendekatan sistematis.

Sebagian besar pemilik usaha kecil memahami seluk beluk bisnis lebih baik daripada siapa pun. Dengan pengetahuan yang luar biasa ini, mereka tidak melihat nilai dalam menciptakan sistem. Mereka berasumsi bahwa mereka akan dapat membuat keputusan yang tepat saat mereka menghadapinya.

Mereka menggunakan pengetahuan mendalam mereka untuk menavigasi pasar dan mendorong produk atau layanan mereka kepada pelanggan mereka. Tapi ini memiliki keterbatasan. Inilah yang sering menjadi alasan mengapa sebuah bisnis kecil mendatar pada titik tertentu.

Pemilik menjadi faktor pembatas. Mereka tidak dapat mempekerjakan dan mendelegasikan tanggung jawab ketika tidak ada sistem yang mengelola bisnis. Sebaliknya, mereka ingin mempekerjakan seseorang yang dapat mereka latih untuk berpikir seperti mereka. Tetapi pelatihan itu jarang berhasil karena keahlian mereka tidak dapat dipindahtangankan.

Seringkali, pemilik usaha kecil ini akhirnya memiliki pekerjaan mereka. Mereka sepertinya tidak bisa mempekerjakan seseorang dengan etos kerja yang tepat. Mereka tidak dapat menemukan seseorang yang cukup peduli dengan pekerjaan untuk melakukannya dengan benar.

Menjalankan bisnis membutuhkan banyak waktu. Menjaga roda berputar seringkali lebih dari pekerjaan penuh waktu.

Pemilik bisnis sibuk bekerja dalam bisnis untuk memastikan bahwa itu terus menghasilkan uang. Tapi mereka juga harus bisa menjalankan bisnis. Bekerja pada bisnis berarti mengambil langkah mundur dan memikirkan berbagai sistem dan proses yang digunakan bisnis.

Ini membutuhkan waktu. Karena membutuhkan waktu tambahan, menjadi lebih mudah untuk mengabaikan sistem dan terus membuat widget atau menjual layanan. Pemilik bisnis harus berhenti melihat ini sebagai biaya untuk bisnis dan melihatnya sebagai investasi.

Sistem membutuhkan waktu untuk berkembang, tetapi kemudian mereka menghemat waktu nanti.

Membuat sistem dan proses untuk menjalankan bisnis terdengar mudah. Tetapi apakah Anda pernah duduk untuk membuatnya? Ini bisa menakutkan.

Menciptakan struktur untuk bisnis membutuhkan fokus. Kita perlu memahami bagaimana melihat sesuatu secara metodis ketika mereka sering menyerupai kekacauan.

Pembuat roti ahli yang memulai toko roti tahu cara membuat dan menjual makanan yang dipanggang. Ini tidak berarti mereka ahli dalam operasi bisnis atau perbaikan proses bisnis.

Untungnya, mengambil langkah mundur dari hal-hal kecil sehari-hari untuk melihat struktur dapat dipelajari. Dengan sedikit usaha, Anda dapat mengubah bisnis dari kekacauan reaktif menjadi nilai yang terorganisir.

Kita harus berhenti menjadi satu-satunya ahli dan mulai mencari cara untuk mengeluarkan kita dari persamaan. Bagaimana kita bisa memastikan kualitasnya tinggi ketika kita mempekerjakan orang lain untuk mengambil alih proses ini? Bagaimana kita memastikan bahwa kita memiliki konsistensi ketika kita memiliki 3 tenaga penjualan yang berbeda?

Jawaban dari kedua pertanyaan tersebut adalah dengan fokus membangun sistem bisnis. Seperti apa sistem yang optimal itu? Apa saja faktor yang harus ada? Apa pohon keputusan?

Salah satu tempat terbaik untuk menemukan contoh ini adalah dari dunia waralaba. Waralaba ahli dalam menciptakan sistem bisnis yang sukses.

Ambil restoran waralaba. Mereka tidak menjual koki terkenal. Mereka menjual pengalaman restoran bermerek. Mereka melakukannya dengan menciptakan sistem yang diperlukan untuk memberikan pengalaman makan yang luar biasa. Kemudian, franchisee mengimplementasikan sistem tersebut di pasar baru.

Perusahaan pembersih waralaba memiliki sistemnya. Itu hanya membutuhkan seseorang yang dapat meluangkan waktu dan uang mereka sendiri ke dalamnya. Penerima waralaba mendapatkan sistem yang berfungsi di sebagian besar pasar. Pemilik waralaba dapat memanfaatkan sistem bisnis yang sukses.

Tetapi sistem bisnis tidak hanya ditemukan di waralaba. Mereka ditemukan di setiap bisnis yang sukses. Bahkan dengan CEO yang bersemangat, cerdas, dan pekerja keras, bisnis membutuhkan sistem yang tepat untuk berhasil.

Bagaimana dengan bisnis Anda? Apa hal-hal penting yang harus dilakukan seseorang untuk meniru kesuksesan perusahaan Anda? Mulai dari sana. Kemudian, mulailah melihat segala sesuatu dalam bisnis Anda sebagai rangkaian sistem yang saling berinteraksi yang mendorong perusahaan untuk maju.

Saat melakukannya, Anda akan mempertajam kemampuan Anda untuk membuat dan mengelola sistem. Anda akan mulai memahami bagaimana mengubah dan meningkatkan sistem. Anda akan menjadi bijak dalam pengembangan sistem. Ini berarti pertumbuhan bisnis.